
Untuk sejumlah Vespa generasi 80-an, sudah memanfaatkan aki untuk menghidupkan mesin. Komponen yang satu ini cukup vital sehingga butuh jadwal pengecekan rutin. Pasalnya, kalau tidak dirawat, seperti halnya pada motor lain, di kepala aki sering timbul kerak yang membuatnya tidak berfungsi optimal. Untuk membersihkannya mudah, lepas kepala aki siram dengan air panas dan sikat.
2. Periksa busi

3. Jangan lupakan kran bensin
4. BAHAN BAKAR
Motor tua bukan berarti bisa pakai bahan bakar oplosan. Untuk menjaga tetap dalam kondisi yang baik, sebaiknya Vespa diberikan bahan bakar sesuai dengan rasio kompresinya. Apalagi banyak Vespa tua memakai mesin Vespa generasi yang lebih baru. Untuk Excel atau Exlusive saja sudah memakai mesin yang punya rasio 9,2, secara teknis butuh bensin dengan RON di atas 90. Kalau masih pakai mesin lama seperti Sprint, rasionya hanya 7,5-7,7. Jadi cukup dengan bensin oktan 88.
5. Pakai Oli samping yang kualitasnya bagus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar