Selasa, 10 Januari 2017

CARA IDENTIFIKASI INFORMASI HOAX DI MEDIA SOSIAL

Nah, tentunya kamu ingin menghindar dari kesalahan membagikan informasi palsu. Ada beberapa cara untuk mengidentifikasi mana berita yang asli atau hoax. Berikut cara mengidentifikasi informasi palsu yang sering beredar di dunia maya:

Melebih-lebihkan peristiwa

Berita hoax seringkali bernada negatif. Entah menyerang pemerintahan, menghujat suatu kaum, atau menjelek-jelekkan sesuatu dengan dalih keagamaan. Tapi, berita hoax tidak selalu bernada negatif. Ada juga berita hoax yang tersebar dengan melebih-lebihkan suatu peristiwa tertentu yang sedang booming. Misalnya, ketika kamu diiming-imingi aplikasi yang dapat melihat siapa saja yang orang yang kepo Facebook kamu. Hal tersebut terbukti tidak benar dan kamu malah akan masuk ke jebakan mereka yang ingin mencuri data akun Facebook kamu.

Lihat kata yang dipakai

Biasanya, untuk mengelabuhi seseorang, berita palsu sering menyisipkan kata-kata pemicu yang dapat membuat orang tertarik untuk membacanya, seperti menakjubkan, awas, luar biasa, heboh, dan sebagainya.



Judul menggunakan harapan yang akan terjawab

Informasi-informasi semacam ini pasti kamu sering melihatnya di Facebook. Ada saja teman kamu yang menshare atau ikut komentar yang akhirnya artikel tersebut masuk ke timeline kamu.

Ciri yang dimaksud ialah penggunaan kata-kata pemberi harapan atau doa meskipun info yang dimaksud belum benar adanya. Contohnya seperti kamu diajak untuk ikut berkomentar 'Amin' atau mengetik angka-angka tertentu. Misalnya "Ketik angka 9 lalu lihat pohonnya akan mengeluarkan sesuatu", atau "Ketik Amin maka anak ini akan selamat dari perang", dan sebagainya.

Waspada ajakan "sebarkan"

Hati-hati kalau sudah mendapatkan broadcast message tentang apa pun yang ujung-ujungnya diakhiri dengan tulisan, “sebarkan!”. Biasanya “berita” semacam ini berupa nasihat, imbauan, sampai “dakwah” yang didukung dengan kutipan ayat-ayat tertentu agar kamu meyakini kebenarannya.

Biarpun ada kutipan ayatnya, bukan berarti kamu terbuai untuk tidak mengecek kebenarannya. Intinya, kalau sudah ada yang bilang sebarkan, kamu jangan asal menyebarkan, cek terlebih dahulu kebenarannya.

Tidak logis

Isinya sering bertentangan dengan logika umum dan ilmu pengetahuan. Bisa juga  terdapat kontradiksi dengan fakta yang sudah umum diketahui. Intinya kamu akan dibuat lebih penasaran dan seakan terbawa dengan informasi tersebut.

Cek kebenaran gambar

Sama seperti hoax pada uraian tulisan, ciri utama foto hoax yaitu foto tersebut hanya diambil pada satu sudut pandang. Ciri foto hoax apabila dicari di google maka hanya akan ditemukan gambar yang sama yang di dipotret pada sudut yang sama alias foto tersebut aslinya hanya ada satu saja.

Sebagian besar foto hoax telah dimodifikasi menggunakan photoshop agar tampak meyakinkan. Selain itu foto hoax biasanya memanfaatkan nama tempat, agama, suku, kelompok, simbol, perkumpulan, perusahaan ataupun nama negara tertentu agar lebih menyakinkan.

1 komentar: